Categories
Keluarga Alumni Teknik Mesin

Bangkitnya Keluarga Alumni Teknik Mesin

Keluarga Alumni Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (KATM FT UNS) adalah organisasi yang dibentuk dari kesadaran bersama alumni untuk memberikan kontribusi kepada Program Studi S-1 Teknik Mesin FT UNS.

Tujuan utama organisasi ini adalah menjembatani komunikasi antar alumni dan menumbuhkan kembali semangat solidaritas di antara insan alumni Teknik Mesin, yang berlandaskan semangat kekeluargaan dan kebersamaan.

Setelah kepengurusannya vakum sejak berdirinya Yayasan Mesin Sebelas Maret (MESEM) pada 20 April 2021, Ikatan Keluarga Alumni Teknik Mesin FT UNS menghidupkan kembali dirinya dengan melakukan rebranding nama menjadi KATM FT UNS. Kebangkitan wadah alumni ini diinisiasi oleh KMTM FT UNS 2023 melalui Divisi Hubungan Mahasiswa & Alumni yang bekerja sama dengan Yayasan MESEM dan Program Studi S-1 Teknik Mesin FT UNS. KATM berdiri sebagai jawaban atas keresahan institusi akan sulitnya akses untuk mengundang perwakilan alumni pada acara-acara Fakultas, lemahnya koordinasi Yayasan dan Ikatan Alumni, serta tidak adanya suatu wadah yang accessible untuk alumni-institusi-KMTM saling berbagi informasi. Proses berdirinya KATM melibatkan serangkaian pertemuan yang bertajuk “Road to Temu Alumni 2023”, dengan penyelenggaraan beberapa Pra-event.

Kebangkitan KATM pada tahun 2023 diawali oleh kepemimpinan dari Wisnu Adipurwoko, seorang alumni tahun 2004. Visi yang dibawa adalah Bharata Bumi Narendra, yang bermakna “Utusan Tuhan yang menjadi Pemimpin di muka Bumi”. Slogan “For God and Country!” mencerminkan semangat organisasi ini. Dari sebuah Visi yang bagus, harus diikut sertakan dengan beberapa misi yang dapat membantu terciptanya visi tersebut.

KATM berdiri dengan membawa beberapa misi, antara lain:

KATM menghimpun seluruh alumni Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta

“Rumah tumbuh bersama dalam kesetiakawanan”

Menjadi komunitas profesional yang kuat, memberdayakan pikiran kreatif

“Building connections and fostering collaboration”

Mempromosikan pendidikan yang berorientasi kemandirian energi dan berdaya juang

“Empowering our members with knowledge and skill”

The journey starts here. Setiap peran, merupakan bagian penting dalam proses kesuksesan KATM. Join us on this journey of change.

Nantikan informasi selanjutnya melalui akun resmi Instagram @katmftuns.